Belajar dan Pembelajaran

Hakikat Belajar dan Pembelajaran

Belajar
Belajar adalah segala kegiatan yang dilakukan terhadap diri sendiri,dengan belajar akan mengalami suatu proses yang ditandai dengan adanya perubahan pada diri seseorang. Perubahan sebagai hasil proses dapat ditunjukkan dalam berbagai bentuk seperti perubahan pengetahuannya, pemahamannya, sikap dan tingkah lakunya, keterampilannya, kecakapan dan kemampuannya, daya reaksinya, daya penerimaannya dan lain-lain aspek yang ada pada individu.

Pembelajaran
Dijelaskan dalam UU Sisdiknas tahun 2003 Bab I pasal 1: “Pembelajaran merupakan proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.” Sehingga telah gamblang bahwa dalam proses interaksi tersebut ada empat komponen yang berperan pokok, yakni peserta didik, pendidik, sumber belajar dan lingkungan belajar.

Didalam suatu belajar dan pembelajaran terjadi adanya perubahan yang berkesinambungan, maksudnya adalah proses itu akan terus berkelanjutan. Contohnya seorang siswa mempunyai pengetahuan dengan belajar kemudian ketika berada disekolah terdapat pembelajaran yaitu guru dan siswa melakukan interaksi, guru mengajarkan sesuatu dan memberi pengetahuan kepada siswa, hal tersebut akan berlanjut terus-menerus.

Terdapat faktor yang mempengaruhi belajar dan pembelajaran yaitu :
-Faktor Internal
Dari diri individu sendiri, yaitu adanya motivasi dari dalam diri sendiri untuk belajar
-Faktor Eksternal
Dari lingkungan luar, yaitu seperti adanya kurikulum dan fasilitas pendukung.

Suatu proses belajar dan pembelajaran terdapat intruksi/perintah agar suatu proses belajar dan pembelajaran tersebut dapat berjalan dengan baik. Didalam hakikat belajar dan pembelajaran terdapat perubahan yang bersifat permanen yaitu maksudnya menetap/melekat didalam diri sendiri. Contohnya mahasiswa belajar mata kuliah ilmu komputer, kemudian ketika diluar maa kuliah tersebut mahasiswa itu dapat mengaplikasikan suatu komputer. Itu artinya adalah ilmu tersebut permanen/melekat didalam dirinya.
Guru mempunyai 3 tugas penting yaitu :
1. Mendidik
Guru adalah pendidik, yang menjadi tokoh, panutan dan identifikasi bagi para peserta didik, dan lingkungannya. Oleh karena itu, guru harus memiliki standar kualitas tertentu, yang mencakup tanggung jawab, wibawa, mandiri dan disiplin.
2. Mengajar
Guru harus berusaha membuat sesuatu menjadi jelas bagi peserta didik dan terampil dalam memecahkan masalah.
3. Melatih
Proses pendidikan dan pembelajaran memerlukan latihan keterampilan, baik intelektual maupun motorik, sehingga menuntut guru untuk bertindak sebagai pelatih.

4 kepribadian seseorang menurut Johary Window :
1. Public self
Apa yang diketahui oleh individu juga diketahui oleh orang lain
2. Hidden self
Apa yang diketahui oleh si individu tetapi tidak diketahui oleh orang lain
3. Blind self
Apa yang tidak diketahui oleh individu tidak diketahui juga oleh orang lain
4. Unknown self
Individu dan orang lain tidak memiliki keterbukaan

Dalam pembelajaran individu sering mengalami kejenuhan, hendaknya pengajar dapat menciptakan suasana pembelajaran yang efektif dan menyenanakan bagi individu tersebut dengan menggunakan metode-metode yang bervariasi. Sekolah sebagai tempat belajar bagi siswa juga harus dapat menciptakan suatu suasana yang baik khususnya di dalam kelas.Tugas utama seorang guru adalah membelajarkan siswa. Ini berarti bahwa bila guru bertindak mengajar, maka diharapkan siswa belajar.

Komentar