MID Test Belajar dan Pembelajaran

A take home assignment submitted
in partial fulfillment of the requirements
for the subject of Belajar dan Pembelajaran
Nunung Susilo Putri
(1688203007)

Guru sebagai ujung tombak pelaksana pendidikan terdepan dituntut untuk terus mengembangkan pengetahuan, kemampuan serta keterampilan. Saya harus memiliki suatu tujuan dalam pembelajaran kepada siswa, agar materi dapat dipahami siswa. Sebagai guru saya menggunakan teori dalam menyampaikan pembelajaran, sebuah teori pembelajaran menyangkut suatu praktek untuk membimbing siswa bagaimana ia memperoleh pengetahuan dan keterampilan, pandangan hidup, serta pengetahuan akan kebudayaan masyarakat sekitarnya. Dalam proses pembelajaran saya akan mengaplikasikan teori belajar kognitivistik. Teori ini lebih menekankan kepada proses belajar daripada hasil belajar.  Ilmu pengetahuan dibangun di dalam diri siswa melalui proses interaksi yang berkesinambungan dengan lingkungan. Proses ini mengalir, bersambung dan menyeluruh. Dengan teori kognitif akan membuat siswa tersebut aktif dan mandiri dalam belajar. Keaktifan itu dapat berupa mencari pengalaman, mencari informasi, mencermati lingkungan, mempraktekkan sesuatu untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Agar teori tersebut dapat berjalan dengan baik maka diperlukan model, pendekatan, strategi, metode dan teknik dalam pembelajaran. Strategi dan pendekatan pembelajaran yang digunakan yaitu mampu menciptakan situasi belajar yang menyenangkan  (joyful learning) serta mendorong siswa  untuk aktif belajar dan berpikir kreatif, kemudian mampu mencapai tujuan, yaitu meningkatkan kemampuan siswa sesuai dengan standar kemampuan atau kompetensi yang ditentukan. Saya juga mencampuradukkan antara metode dan teknik mengajar. Teknik pembelajaran tersebut yaitu seperti diskusi, ceramah, tanya jawab, pemberian tugas, latihan, demonstrasi dan simulasi. Peran penting sebagai guru yaitu Mendidik, Mengajar dan Melatih. Selain itu saya mempunyai peran di dalam kelas yaitu sebagai pendidik, motivator, inovator, manajer, supervisor, pemimpin, fasilitator, evaluator. Jika terjadi masalah di kelas contohnya siswa yang takut pada pelajaran bahasa inggris dan membuat anak tesebut malas belajar. Guru harus memberikan motivasi dan dorongan kepada siswa  untuk berani dan bersemangat dalam menerima pelajaran tanpa ada rasa takut, memberikan kekuatan untuk tidak selalu malas dalam berpikir, memberikan latihan-latihan untuk meningkatkan kemauan belajar dan menumbuhkan rasa percaya diri untuk mau bertanya tentang hal-hal yang belum dimengerti.

Komentar